Perbedaan Ausbildung dengan Kuliah di Indonesia - Deutsch Academia Jakarta

Apa Beda Ausbildung di Jerman dengan Kuliah di Indonesia

Deutsch Academia hanya memberi informasi dan fakta agar dapat digunakan sebagai referensi dan dasar pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengambil pendidikan dan pelatihan (Ausbildung) di Jerman. Informasi ini tidak memiliki tujuan untuk menyudutkan pihak tertentu.

Biaya Pendidikan

Biaya Ausbildung di Jerman gratis atau tidak dipungut biaya. Bahkan Anda akan mendapatkan gaji yang dapat digunakan untuk membiayai biaya hidup selama di Jerman. Gaji yang di dapat cukup untuk biaya hidup karena telah diperhitungkan oleh pemerintah Jerman.

Biaya menempuh pendidikan tinggi (kuliah) relatif mahal. Perkiraan biaya sampai lulus S-1, lebih dari Rp 100.000.000 (SPP, biaya hidup, kos bagi yang di luar kota, buku, dan lain-lain).

Gaji/ Penghasilan

Mendapatkan penghasilan dengan gaji bruto tahun pertama mulai €850-1.100 per bulan, dan akan mengalami kenaikan sesuai peraturan dan ketentuan bagi perusahaan di Jerman jika mengikuti program Ausbildung. Gaji yang diterima setiap azubi (sebutan untuk siswa Ausbildung) tidak sama, tergantung dengan jurusan, bidang pekerjaan, perusahaan tempat bekerja.

Selama proses pendidikan/kuliah kecil kemungkinan bisa mendapatkan penghasilan yang mampu untuk menghidupi biaya kehidupan selama kuliah.
Benar bahwa ada beberapa program ikatan dinas maupun kuliah sambil bekerja, tapi hal ini peluangnya sangat sedikit dan persaingan masuknya amat ketat.

Peningkatan Kemampuan Bahasa

Setelah lulus Ausbildung kemampuan bahasa Jerman meningkat sampai level C1/C2 sehingga dapat mengikuti proses pendidikan yang lebih tinggi dengan mudah.
Pada beberapa jurusan, Anda juga akan mendapatkan pelajaran bahasa asing seperti Spanyol, Prancis dan Inggris.

Kemampuan berbahasa asing tidak meningkat, kecuali bagi yang mampu untuk mengikuti kursus atau pendidikan tambahan.

Jaminan Bekerja Setelah Lulus

Dapat langsung bekerja di Jerman jika telah lulus, atau mencari pekerjaan di negara manapun karena sertifikat keahlian Ausbildung yang diakui secara internasional.

Tidak ada jaminan mendapat pekerjaan setelah lulus, kecuali perguruan tinggi dengan ikatan dinas (itu pun jumlahnya terbatas dan persaingan yang tinggi).

Jenjang Pendidikan

Di Jerman, lulusan Ausbildung dapat langsung melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya melalui program Weiterbildung dan Dual Studium dan mendapatkan gaji selama proses pendidikan. Sejak tahun 2020 sudah ada jenjang sampai Master.

Di Indonesia, jika ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi, harus melalui proses seleksi dan mengeluarkan biaya pendidikan (bila tidak memperoleh beasiswa).

Etos Kerja dan Profesionalisme

Kultur/budaya Jerman menjunjung tinggi sikap, mental serta disiplin sehingga Anda memiliki pola pikir yang baru dan mempunyai jiwa yang lebih berani menghadapi tantangan. Dengan begitu Anda memiliki sikap dan etos kerja Jerman yang menekankan pada profesionalisme dan kedisiplinan.

Kultur/budaya kita dalam banyak kasus belum sepenuhnya mencapai sikap mental dan disiplin yang mencerminkan etos kerja yang menekankan profesionalisme.

error: