Ausbildung Mechatroniker - Deutsch Academia Jakarta

Ausbildung Mechatroniker

Pelatihan sebagai tenaga ahli Mekatronika. Nama mekatronika terdiri dari dua bidang yaitu mekanika dan elektronik. Komponen ketiga yang termasuk dalam bidang ini adalah ilmu komputer.

Apa yang dilakukan seorang tenaga ahli mekatronik?

Pelatihan sebagai Tenaga Ahli Mekatronika, Anda akan terbiasa dengan Menguji dan mengukur. Mengukur sudut atau tegangan dalam rangkaian listrik dan membandingkan hasil yang diperoleh dalam proses kerja dengan data sebelumnya: Ini adalah salah satu tugas paling penting dari seorang insinyur mekatronik. Misalnya, ia menggunakan detektor saat ini, yang secara otomatis mendeteksi DC dan AC, dan bekerja berdasarkan rencana instalasi dari pelanggan atau majikan.

Mengerjakan servis dan perbaikan mesin: Apakah tuas operasi forklift masih berfungsi dengan baik dan dapat digerakkan ke atas dan ke bawah tanpa menyentak? Sistem dan mesin harus diperiksa oleh insinyur mekatronik secara berkala untuk memastikan operasi yang aman dan andal dalam jangka panjang. Dalam kasus kasus, insinyur mekatronik sendiri melakukan perbaikan untuk mengganggu proses kerja dan prosedur operasi sesingkat mungkin.

Merakit / membongkar bagian-bagian mesin: Belt conveyor di aula produksi terlihat secara teknis tidak mencolok, tetapi di dalamnya ada penghalang cahaya yang sangat sensitif. Insinyur Mekatronika menyatukan mesin dan sistem atau memisahkannya. Dalam prosesnya, mereka bekerja pada bagian-bagian individu secara ahli dan tepat, jika tidak dalam keadaan tertentu, seluruh teknologi bisa gagal.

Pasang kontrol dan programkan sistem yang rumit: sirkuit dapat disuplai dengan tenaga listrik, pneumatik atau hidrolik. Masing-masing sirkuit mengatur mekatronik. Mereka harus melakukan dengan sistem besar dengan koneksi daya skala kecil, yang mereka beri label secara akurat dan terhubung secara profesional. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengatur perangkat lunak operasi pada mesin yang digerakkan robot dan mengatur jaringan sehingga proses kerja individual dapat bekerja bersama tanpa masalah.

Simak Video berikut, mungkin saat ini kamu belum mengerti artinya karena menggunakan bahasa Jerman, tapi setidaknya kamu memiliki gambaran seperti apa Ausbildung Mekatronika itu.

Tempat Anda dapat bekerja setelah lulus Ausbildung

Sebagai tenaga ahli mekatronika, Anda memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai industri. Ini termasuk teknik mesin dan pabrik, konstruksi (ruang) kendaraan, otomasi dan teknologi komunikasi. Singkatnya, di mana pun ada mesin yang harus disiapkan, dioperasikan, dan terus berjalan dalam hal mekanika, elektronik, dan informasi.

Berapa Gaji Saat Saya Masih Menjalani Pendidikan Ausbildung?

Mendapatkan Gaji Kotor antara 800 euro (14 juta) sampai 850 euro (15 juta) per bulan pada tahun pertama pelatihan.
Pada tahun kedua pelatihan, gaji kotor kamu akan naik menjadi 850 euro (15 juta) sampai 900 euro (16 juta) per bulan.
Pada tahun ketiga kamu mendapatkan Gaji Kotor antara 900 euro (16 juta) dan 950 euro (17 juta) per bulan.

Berapa Gaji setelah Lulus Ausbildung, yaitu Bekerja sebagai Profesional?

Sebagai profesional, kamu akan bekerja secara fulltime (5 hari per minggu). Berikut gambar informasi gaji Profesional di Jerman:

  1. Gaji awal karir kamu mulai dari 1900 euro (32 juta) sampai 2100 euro (35 juta).
  2. Setelah beberapa tahun bekerja, kamu dapat meningkatkan gaji mulai dari 2500 euro (42 juta) sampai 3500 euro (59 juta) per bulan.
  3. Apabila kamu melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan memiliki beberapa tahun pengalaman profesional dan memikul tanggung jawab manajemen.gaji kamu dapat mencapai 4500 euro (75 juta) per bulan.

Dimana saya dapat bekerja setelah lulus Ausbildung Mekatronika?

Sebagai tenaga ahli mekatronika, Anda memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai industri. Ini termasuk teknik mesin dan pabrik, konstruksi (ruang) kendaraan, otomasi dan teknologi komunikasi. Singkatnya, di mana pun ada mesin yang harus disiapkan, dioperasikan, dan terus berjalan dalam hal mekanika, elektronik, dan informasi.

Persyaratan Melamar Ausbildung Mekatronika

  1. Minat yang tinggi terhadap jurusan.
  2. Motivasi yang kuat untuk belajar.
  3. Lulusan SMA/ SMK sederajat, Diploma atau Sarjana segala jurusan.
  4. Usia minimal 18 tahun.
  5. Kemampuan bahasa Jerman minimal level B2.
  6. Minat untuk mempelajari mata pelajaran yang relevan yaitu pelajaran Fisika, Matematika, Bahasa Inggris.
  7. Nilai bagus untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, Bahasa Inggris pada transkrip nilai ijazah terakhir Anda.

Persyaratan penting untuk pelatihan sebagai teknisi mekatronik adalah Anda memiliki minat besar dalam teknologi dan pemahaman matematika dan fisika, karena itulah yang Anda butuhkan dalam pekerjaan sehari-hari.

Apakah Saya Dapat Melanjutkan ke Jenjang Pendidikan & Pelatihan yang Lebih Tinggi setelah Lulus Ausbildung?

Tentu saja, kamu dapat melanjutkan Jenjang pendidikan dan pelatihan setelah lulus Ausbildung. Kamu bisa melanjutkan kuliah S1 untuk mendapatkan Gelar Sarjana, atau melanjutkan ke jenjang spesialis untuk meningkatkan keahlian kamu. Dengan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, jabatan dan gaji kamu dapat naik jauh lebih tinggi.

1. Techniker – Mechatronik

Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan dan setidaknya pengalaman profesional satu tahun, pihak yang berkepentingan dapat menyelesaikan pelatihan lanjutan untuk teknisi. Setelah itu, para spesialis mengambil alih tugas manajemen perencanaan. Selain itu, mereka bekerja dengan peserta magang di berbagai departemen (misalnya pengembangan, produksi, penjualan).

2. Industriemeister – Mechatronik

Agar dapat memikul tugas dengan tanggung jawab lebih besar selama operasi, Anda perlu pelatihan lebih lanjut – seperti master industri. Dengan pelatihan yang telah selesai ini, Anda dapat membuka jalan menuju wirausaha dan mendidik kaum muda.

3. Studium Maschinenbau

Setelah menyelesaikan masa magang saya sebagai insinyur mekatronik, gelar sarjana teknik mesin dapat dikombinasikan dengan kualifikasi masuk universitas. Ini kurang tentang operasi praktis dan pemeliharaan mesin dan peralatan, tetapi lebih banyak tentang desain perangkat. Jika Anda lebih tertarik pada komponen elektronik mesin, Anda harus memberi tahu diri Anda tentang program gelar yang sesuai dalam teknik listrik.

Ausbildung itu Gratis atau Membayar?

Ausbildung itu gratis, Kamu tidak membayar uang sekolah pendidikan profesi di Jerman.

Katanya Gratis, Tapi Kok Menghabiskan biaya puluhan juta?

Biaya yang dikeluarkan jika mau mendaftar Ausbildung adalah biaya-biaya untuk kamu belajar bahasa Jerman, biaya dokumen, biaya visa, biaya asuransi, biaya tiket pesawat dan biaya lain. Sekarang sudah paham ya, biaya yang dikeluarkan itu tujuannya untuk apa.

Apa yang harus dilakukan jika ingin mendaftar Ausbildung di Jerman?

  1. Belajar bahasa Jerman sampai lulus level B2. Kamu dapat belajar di lembaga manapun.
  2. Belajar bahasa Jerman menjadi yang hal pertama yang harus dilakukan karena pada saat pencarian tempat Ausbildung, proses interview/ wawancara dengan pihak perusahaan di Jerman dan wawancara saat proses visa wajib menggunakan bahasa Jerman.
  3. Selain itu, belajar bahasa Jerman membutuhkan waktu yang lama.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan apabila saya sudah belajar bahasa Jerman dan akan mendaftar Ausbildung?

Apabila sudah lulus bahasa Jerman, persyaratan berikutnya yang harus dipenuhi adalah dokumen-dokumen yang akan digunakan untuk mendaftar Ausbildung. Dokumen tersebut antara lain:

  1. Sertifikat Lulus Ujian Bahasa Jerman level B2 yang dikeluarkan oleh Goethe Institut.
  2. Surat Motivation Letter dalam bahasa Jerman.
  3. Curiculum Vitae dalam bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh Penerjemah Tersumpah.

Pada langkah ini, tujuan utama atau Goal adalah untuk Diterima Ausbildung dan mendapatkan Kontrak Ausbildung. Kontrak Ausbildung sangat penting, karena sebagai syarat dalam proses Visa.

Apa langkah yang dilakukan apabila sudah mendapatkan Kontrak Ausbildung?

Apabila sudah mendapatkan kontrak Ausbildung, tahapan selanjutnya adalah proses permohonan visa kepada Kedutaan Jerman di Jakarta. Setelah visa keluar, selanjutnya adalah mempersiapkan tiket penerbangan ke Jerman.

Sekian informasi yang kami sajikan, apabila ada pertanyaan, silakan langsung bertanya melalui chat WhatsApp yang ada di website ini. Dengan senang hati kami akan memberikan informasi buat kamu.

Kamu Tidak Perlu Takut untuk Berkonsultasi bersama Kami karena:

  1. Kamu dapat mendaftar program Jerman melalui lembaga manapun. Kami hanya memberikan informasi sehingga kami tidak memiliki kepentingan.
  2. Kami bukan Agen, informasi yang kami berikan bertujuan agar generasi Indonesia yang berminat untuk ke Jerman mendapatkan informasi yang tepat sehingga tidak salah ketika kamu mengambil keputusan untuk ke Jerman.
  3. Selain itu, informasi yang kami berikan dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftar sehingga dapat meminimalisir kegagalan.

Kamu mau Mendaftar Ausbildung?

Syarat utama kamu dapat mendaftar adalah kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman dengan baik.

Yuk mulai belajar bahasa Jerman bersama kami melalui program Kursus Bahasa Jerman Camp.

Kamu membutuhkan bantuan kami?

Segera hubungi kami dan tinggalkan pesan kamu melalui Chat WhatsApp.

error: