Bekerja di Jerman: Cara Mendaftar, Persyaratan, Biaya

Kerja di Jerman Solusi untuk kamu Memperbaiki Financial

Kerja di Jerman memiliki banyak arti sehingga tidak salah jika banyak orang yang salah memahami arti dari bekerja di Jerman. Bekerja di Jerman itu banyak jenisnya. Dibutuhkan logika dan pemahaman yang tinggi untuk kamu memahami penjelasan di bawah ini. Untuk lebih jelas, mari simak penjelasan di bawah ini secara seksama agar kamu tidak salah mengartikannya.

1. Kerja di Jerman sebagai Profesional.

Yang dimaksud adalah kamu bekerja di Jerman sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kamu miliki dengan menggunakan Visa Kerja karena pendidikan dan keahlian kamu telah diakui setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman.

Gaji: mulai 2500 euro – 4000 euro per bulan, tergantung dengan profesi dan pengalaman kamu.

Persyaratan:

  • Lulusan Sarjana atau Diploma di Indonesia atau kamu lulusan S1 Jerman.
  • Kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman level B2.
  • Untuk lulusan Indonesia, Pendidikan dan keahlian kamu sudah diakui dan setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman. Artinya kamu sudah melakukan penyetaraan profesi atau biasa disebut Annerkenung.

Bagaimana caranya agar saya dapat bekerja di Jerman sebagai profesional?

  • Untuk kamu yang lulusan SMA sederajat, kamu bisa ikut Ausbildung dulu sebelum kerja di Jerman.
  • Untuk kamu yang lulusan SMA sederajat, kamu bisa kuliah S1 dulu di Jerman sebelum kerja di Jerman.
  • Untuk lusan Sarjana di Indonesia, kamu bisa melalui proses annerkenung atau mengikuti Ausbildung terlebih dahulu sebelum kerja di Jerman.
  • Untuk lulusan S1 Jerman, kamu bisa langsung bekerja di Jerman.

2. Bekerja di Jerman dalam rangka proses penyetaraan profesi/ Annerkenung.

Yang dimaksud adalah kamu bekerja di Jerman sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kamu miliki dengan menggunakan visa kerja tetapi dalam rangka untuk memenuhi proses penyetaraan profesi karena pendidikan dan keahlian kamu tidak diakui setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman.

Gaji: mulai 1900 euro – 3000 euro per bulan, tergantung dengan profesi dan pengalaman kamu.

Persyaratan:

  • Khusus untuk Lulusan Sarjana atau Diploma di Indonesia.
  • Kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman level B2.
  • Memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan minimal 2 tahun.

Bagaimana caranya agar saya dapat bekerja di Jerman dalam rangka proses penyetaraan profesi?

  • Untuk lulusan Sarjana/ Diploma dari Indonesia, kamu bisa melalui proses annerkenung terlebih dahulu sebelum kerja di Jerman. Jika pendidikan dan keahlian kamu tidak diakui tidak setara, kamu akan bekerja dulu untuk memenuhi kekurangan tersebut.

3. Bekerja di Jerman sebagai Ausbildung.

Yang dimaksud adalah kamu menjalani program pendidikan keahlian dan profesi di Jerman untuk mendapatkan keahlian dan sertifikasi keahlian agar kamu dapat bekerja di Jerman. Saat Ausbildung, di Jerman kamu akan dilatih dulu sampai mendapatkan keahlian yang setara dengan di Jerman, setelah lulus baru bisa full bekerja di Jerman.

Selama Ausbildung, kamu akan bekerja sebanyak 3 hari, dan belajar di sekolah 2 hari. Di tahun ketiga Ausbildung, kamu akan menjalani Ujian Sertifikasi Keahlian yang diselenggarakan oleh negara. Jika lulus, maka akan mendapatkan Sertifikasi Keahlian yang dikeluarkan oleh pemerintah Jerman sehingga kamu dapat bekerja di Jerman.

Gaji: mulai 850 euro – 1300 euro per bulan, tergantung dengan profesi yang kamu pilih.

Persyaratan:

  • Minimal pendidikan kamu adalah SMA sederajat dan boleh semua jurusan. Lulusan Diploma dan Sarjana di Indonesia juga bisa mendaftar Ausbildung.
  • Kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman level B1/B2.

Kamu ingin Ausbildung di Jerman?

Banyak lembaga di Indonesia yang menawarkan Ausbildung dengan istilah Kuliah sambil kerja di Jerman, atau Kerja sambil kuliah di Jerman. Agar kamu tidak terjebak dan tidak salah informasi, yuk pahami apa itu Ausbildung. Sebaiknya kamu baca dulu dan pahami apa itu Ausbildung secara detail. Klik di sini untuk mengetahui apa itu Ausbildung.

4. Bekerja di Jerman sebagai Sukarelawan (FSJ/BFD).

Yang dimaksud adalah kamu bekerja di Jerman sebagai tenaga sukarelawan atau volunter. Program ini dibatasi 1 tahun. Program ini biasa disebut FSJ/BFD. Program ini bukan untuk mendapatkan keahlian yang diakui di Jerman, sehingga setelah selesai program ini kamu juga tidak bisa langsung bekerja di Jerman. Untuk bisa bekerja di Jerman, kamu harus mengikuti Ausbildung dulu.

Jika kamu tidak pindah program, misalnya ke Ausbildung, maka kamu harus pulang ke Indonesia karena kamu tidak memiliki keahlian yang diakui setara untuk dapat bekerja di Jerman.

Gaji: mulai 600 euro – 700 euro per bulan.

Persyaratan:

  • Minimal pendidikan kamu adalah SMA sederajat dari semua jurusan. Lulusan Sarjana, Diploma boleh juga mendaftar program ini.
  • Kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman level A2/B1.

Kamu ingin Bekerja sebagai Sukarelawan di Jerman?

Sebaiknya kamu baca dulu dan pahami apa itu FSJ secara detail. Klik di sini untuk mengetahui apa itu FSJ.

5. Bekerja di Jerman sebagai Aupair.

Yang dimaksud adalah kamu bekerja di Jerman sebagai Aupair. Kamu akan tinggal bersama orang tua angkat di Jerman. Selama di Jerman, kamu memiliki kewajiban untuk membantu orang tua angkat tersebut untuk melakukan pekerjaan ringan, seperti mengasuh anak, mengajak bermain anak atau pekerjaan rumah tangga ringan ketika mereka sibuk bekerja.

Selama di Jerman, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari budaya Jerman dan belajar bahasa Jerman. Oleh karena itu Aupair diartikan sebagai Program pertukaran budaya khusus untuk generasi muda yang belum menikah dengan usia maksimal 27 tahun.

Program ini dibatasi 1 tahun. Program ini bukan untuk mendapatkan keahlian yang diakui di Jerman, sehingga setelah selesai program ini kamu juga tidak bisa begitu saja langsung bekerja di Jerman.

Jika kamu tidak pindah program, misalnya ke FSJ/BFD/Ausbildung, maka kamu harus pulang ke Indonesia karena kamu tidak memiliki keahlian yang diakui setara untuk dapat bekerja di Jerman.

Uang saku (bukan gaji): mulai 200 euro – 350 euro per bulan. Disebut uang saku karena biaya hidup kamu sudah ditanggung oleh orang tua angkat di Jerman.

Persyaratan:

  • Minimal pendidikan kamu adalah SMA sederajat dari semua jurusan.
  • Kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman level A1/A2.

Kamu ingin Bekerja sebagai Aupair di Jerman?

Sebaiknya kamu baca dulu dan pahami apa itu Aupair secara detail. Klik di sini untuk mengetahui apa itu Aupair.

6. Kuliah sambil bekerja di Jerman

Yang dimaksud adalah kamu menjalani Kuliah di Universitas di Jerman, kemudian kamu bekerja Part Time di Jerman. Mahasiswa yang kuliah di Jerman diperbolehkan untuk bekerja Part Time sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk dapat kuliah sambil bekerja di Jerman, maka kamu sudah harus berada di Jerman dan sedang menjalani Kuliah di Jerman.

Persyaratan: Kamu sudah berada di Jerman dan sedang menjalani Kuliah S1/S2 di Jerman. Untuk kuliah di Jerman, kamu harus memiliki kemampuan deposit sebesar 10.200 euro karena kamu masuk ke Jerman menggunakan Visa Study.

Gaji: kamu di bayar per jam karena kamu bekerja part time.

Bagaimana caranya agar saya dapat kuliah sambil bekerja di Jerman?

Kamu harus kuliah S1/S2 terlebih dahulu di Jerman. Kamu bisa mengikuti program persiapan bersama kami.

7. Bekerja Part Time di Jerman

Yang dimaksud adalah kamu bekerja Part Time di Jerman untuk mengisi waktu luang kamu. Biasanya untuk mereka yang menikah dengan orang Jerman atau untuk mereka yang sudah memiliki Visa nasional di Jerman. Atau dalam keadaan tertentu juga bisa juga untuk para pengungsi.

Persyaratan: Kamu sudah berada di Jerman dan memiliki ijin tinggal di Jerman dengan Visa nasional.

Gaji: kamu di bayar per jam karena kamu bekerja part time.

Bagaimana caranya agar saya dapat bekerja Part Time di Jerman?

  • Kamu harus kuliah S1/S2 terlebih dahulu di Jerman. Kamu bisa mengikuti program persiapan kuliah S1 di Jerman bersama kami.
  • Kamu dapat menikah terlebih dahulu dengan orang Jerman.
  • Kamu menjadi pengungsi terlebih dahulu di Jerman.

8. Bekerja di Jerman karena Penugasan/ Dinas

Yang dimaksud adalah kamu bekerja di Jerman karena mendapatkan tugas dari tempat kerja kamu di Indonesia. Misalnya kamu bekerja di Perusahaan Jerman di Indonesia dan kamu mendapatkan tugas untuk ditempatkan di Jerman dalam beberaapa waktu.

Persyaratan: Kamu sedang bekerja di perusahaan Jerman di Indonesia.

Gaji: tergantung dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

Bagaimana caranya agar saya dapat bekerja di jerman karena Penugasan?

  • Kamu harus bekerja dulu di Perusahaan Jerman di Indonesia dan menunggu mendapatkan tugas untuk di tempatkan di Jerman.

9. Bekerja di Jerman sambil Kuliah

Yang dimaksud adalah kamu sudah mendapatkan ijin kerja di Jerman sekaligus kamu menjalani kuliah di Jerman. Bekerja sambil kuliah ini paling sering disalah artikan karena disamakan dengan bekerja sambil kuliah di Indonesia.

Di Indonesia, kamu bisa bekerja sambil kuliah karena ketika kamu mencari kerja, kamu tidak perlu Visa Ijin Kerja.

Sedangkan di Jerman, agar kamu dapat bekerja di Jerman, kamu harus memiliki pendidikan dan keahlian yang diakui untuk dapat bekerja di Jerman sehingga mendapatkan Visa Kerja.

Bagaimana kamu mau kerja sambil kuliah, untuk bekerja aja kamu belum bisa, bagaimana untuk bisa kuliah. Artinya, jika kamu mau bekerja sambil kuliah di Jerman, maka kamu sudah harus berada di Jerman dan telah memiliki Visa ijin kerja di Jerman, baru kamu bisa bekerja sambil kuliah di Jerman.

Persyaratan: Kamu sudah berada di Jerman dan kamu sudah bekerja di Jerman.

Gaji: kamu di bayar per jam karena kamu bekerja part time.

Bagaimana caranya agar saya dapat bekerja di jerman sambil kuliah?

  • Kamu harus bekerja di Jerman terlebih dahulu.
  • Atau kamu bisa Ausbildung terlebih dahulu. Kamu bisa mengikuti program persiapan mendaftar Ausbildung bersama kami.

Perekrutan proses kerja di Jerman tidak seperti program TKI atau TKW pada umumnya. Bekerja di Jerman juga berbeda dengan Bekerja di Jepang atau Korea. Cari tahu perbedannya dengan membaca “Perbedaan Ausbildung dengan Magang di Jepang”, Klik di sini!

Kamu sudah bisa berbahasa Jerman?

Cari lowongan kerja di Jerman secara online. Klik!

Kamu Tidak Perlu Takut untuk Berkonsultasi bersama Kami karena:

  1. Kamu dapat mendaftar program Jerman melalui lembaga manapun. Kami hanya memberikan informasi sehingga kami tidak memiliki kepentingan.
  2. Kami bukan Agen, informasi yang kami berikan bertujuan agar generasi Indonesia yang berminat untuk ke Jerman mendapatkan informasi yang tepat sehingga tidak salah ketika kamu mengambil keputusan untuk ke Jerman.
  3. Selain itu, informasi yang kami berikan dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftar sehingga dapat meminimalisir kegagalan.

Kamu berencana dan berminat untuk ke Jerman?

Syarat utama kamu dapat mendaftar adalah kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman dengan baik.

Yuk mulai belajar bahasa Jerman bersama kami melalui program Kursus Bahasa Jerman Camp.

Kamu membutuhkan bantuan kami?

Segera hubungi kami dan tinggalkan pesan kamu melalui Chat WhatsApp.

error: