FSJ Bekerja sebagai Volunter atau Sukarelawan di Jerman

FSJ Jerman

FSJ adalah keterlibatan dalam kegiatan sebagai volunter atau sukarelawan selama beberapa bulan di Jerman terutama di sektor sosial yang diperuntukkan untuk generasi muda dari seluruh dunia. Batasan usia mendaftar FSJ maksimal 27 tahun. Gaji selama FSJ rata-rata 700 s/d 800 euro per bulan.

Apa yang akan saya lakukan saat FSJ di Jerman?

Lebih tepatnya, FSJ adalah tahun pendidikan sosial bagi masyarakat yang berusia maksimal 27 tahun. Para sukarelawan terlibat dalam kegiatan sosial misalnya di fasilitas untuk orang cacat, panti jompo atau rumah sakit. Selain itu, mereka mengikuti lokakarya yang mendukung pengembangan kepribadian.

Dengan demikian, para peserta mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang intensif tentang berbagai bidang profesi sosial.

Selanjutnya, para remaja mengenal keterampilan mereka sendiri selangkah demi selangkah dan mengalami bagaimana tindakan mereka dianggap dan dievaluasi oleh orang lain. FSJ dengan demikian juga berfungsi sebagai orientasi profesional: artinya dapat digunakan untuk mengetahui apakah profesi sosial adalah pilihan yang tepat untuk karirnya sendiri.

Namun, FSJ sendiri bukanlah pelatihan profesional atau pekerjaan. Para relawan meningkatkan keterampilan mereka dalam kritik, komunikasi, dan kerja sama. Mereka memperoleh wawasan tentang hubungan sosial dan budaya dan dimungkinkan untuk mempertanyakan konsep moral mereka sendiri.

Bidang-Bidang FSJ

Para relawan dapat bekerja sebagai sukarelawan yang berkaitan dengan orang sakit, orang tua, anak-anak dan remaja, orang cacat, sektor budaya maupun olahraga.

Tempat Penugasan FSJ

  • Panti jompo dan panti asuhan,
  • Rumah sakit,
  • Fasilitas untuk orang cacat (misalnya bengkel untuk orang cacat),
  • Layanan sosial dan pembibitan rawat jalan,
  • Kantor atau klub pelestarian cagar budaya,
  • Klub olahraga, asosiasi olahraga,
  • Pusat penitipan anak
  • Layanan medis dan penyelamatan,
  • Gereja,
  • Situs bersejarah,
  • Museum,
  • Klub budaya,
  • Arsip,
  • Klub remaja,
  • Sekolah khusus,
  • Sekolah sepanjang hari,
  • Pemadam kebakaran remaja.

Gaji / Remunerasi / Uang Saku

Gaji didapat antara 700 euro sampai 800 euro per bulan. Pendapatan finansial sering disebut uang saku. Remunerasi ini dilengkapi dengan makan, akomodasi dan penggantian biaya perjalanan. Jumlah uang saku berbeda-beda antar institusi. Seringkali juga sangat berbeda antar tempat penugasan pada lembaga pendukung yang sama. Jika tidak ada akomodasi dan makanan yang ditawarkan, akan dikompensasikan secara finansial tau diganti dengan uang.

Jam kerja

Jam kerja selama pengabdian ditentukan oleh tempat penugasan. Semua kesepakatan bersama publik termasuk peraturan tentang jam kerja per minggu juga berlaku untuk relawan. Jika tidak ada peraturan yang berlaku, Arbeitszeitverordnung (Peraturan tentang jam kerja) menjadi yang menentukan.

Mendapatkan Lokakarya/ Pelatihan selama FSJ

Dalam UU FSJ, relawan mendapat supervisi pendidikan yang diberikan oleh lembaga pendukung. Pengawasan pendidikan mencakup di satu sisi dukungan individu para peserta dan di sisi lain lokakarya: pengantar, lokakarya tengah semester dan lokakarya terakhir.

Lokakarya ini masing-masing memakan waktu setidaknya lima hari. Lokakarya secara total harus mencakup minimal 25 hari untuk FSJ selama 12 bulan. Waktu lokakarya dianggap sebagai jam kerja. Selain itu, keikutsertaan dalam workshop adalah wajib.

Penting juga untuk diketahui bahwa para relawan secara aktif terlibat dalam penyelenggaraan lokakarya mereka.
Bergantung pada sektor penugasan dan lembaga pendukung, para relawan juga dapat menerima pelatihan lanjutan yang diperlukan.

Jika tahun sosial sukarela dilayani di sektor olahraga, relawan biasanya menerima pelatihan lengkap sebagai instruktur. Relawan yang terlibat dalam layanan penyelamatan menerima pelatihan untuk bantuan darurat. Lembaga pendukung biasanya membayar biaya pelatihan lengkap.

Mendapatkan Asuransi sosial

Relawan otomatis mendapatkan asuransi kesehatan dan asuransi perawatan jangka panjang. Mereka memiliki hak atas tunjangan anak dan potongan pajak atas anak-anak. Yang terakhir hanya berlaku jika total pendapatan tidak melebihi pendapatan sebenarnya. Institusi penunjang atau tempat penugasan wajib membayar seluruh biaya asuransi sosial, baik bagian pekerja maupun bagian pemberi kerja. Waktu tahun sosial sukarela juga diperhitungkan untuk asuransi pensiun.

Apakah Saya Dapat Melanjutkan ke Program Ausbildung atau Kuliah setelah FSJ selesai?

Tentu saja, kamu dapat melanjutkan program Ausbildung, kamu tidak perlu membayar deposit jika ingin melanjutkan ke Ausbildung. Kamu juga bisa melanjutkan kuliah S1 untuk mendapatkan Gelar Sarjana, atau melanjutkan ke jenjang spesialis untuk meningkatkan keahlian kamu apabila kamu memiliki cukup uang untuk jaminan deposit sebesar 10,200 euro.

FSJ itu Gratis atau Membayar?

FSJ itu gratis, Kamu tidak membayar untuk FSJ di Jerman.

Katanya Gratis, Tapi Kok Menghabiskan biaya puluhan juta?

Biaya yang dikeluarkan jika mau mendaftar FSJ adalah biaya-biaya untuk kamu belajar bahasa Jerman, biaya dokumen, biaya visa, biaya asuransi, biaya tiket pesawat dan biaya lain. Sekarang sudah paham ya, biaya yang dikeluarkan itu tujuannya untuk apa.

Apa yang harus dilakukan jika ingin mendaftar FSJ di Jerman?

  1. Belajar bahasa Jerman sampai lulus level B1. Kamu dapat belajar di lembaga manapun.
  2. Belajar bahasa Jerman menjadi yang hal pertama yang harus dilakukan karena pada saat pencarian tempat FSJ, proses interview/ wawancara dengan pihak perusahaan di Jerman dan wawancara saat proses visa wajib menggunakan bahasa Jerman.
  3. Selain itu, belajar bahasa Jerman membutuhkan waktu yang lama.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan apabila saya sudah belajar bahasa Jerman dan akan mendaftar FSJ?

Apabila sudah lulus bahasa Jerman, persyaratan berikutnya yang harus dipenuhi adalah dokumen-dokumen yang akan digunakan untuk mendaftar FSJ. Dokumen tersebut antara lain:

  1. Sertifikat Lulus Ujian Bahasa Jerman level B1 yang dikeluarkan oleh Goethe Institut.
  2. Surat Motivation Letter dalam bahasa Jerman.
  3. Curiculum Vitae dalam bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh Penerjemah Tersumpah.

Pada langkah ini, tujuan utama atau Goal adalah untuk Diterima FSJ dan mendapatkan Kontrak FSJ. Kontrak FSJ sangat penting, karena sebagai syarat dalam proses Visa.

Apa langkah yang dilakukan apabila sudah mendapatkan Kontrak FSJ?

Apabila sudah mendapatkan kontrak FSJ, tahapan selanjutnya adalah proses permohonan visa kepada Kedutaan Jerman di Jakarta. Setelah visa keluar, selanjutnya adalah mempersiapkan tiket penerbangan ke Jerman.

Sekian informasi yang kami sajikan, apabila ada pertanyaan, silakan langsung bertanya melalui chat WhatsApp yang ada di website ini. Dengan senang hati kami akan memberikan informasi buat kamu.

Kamu Tidak Perlu Takut untuk Berkonsultasi bersama Kami karena:

  1. Kamu dapat mendaftar program Jerman melalui lembaga manapun. Kami hanya memberikan informasi sehingga kami tidak memiliki kepentingan.
  2. Kami bukan Agen, informasi yang kami berikan bertujuan agar generasi Indonesia yang berminat untuk ke Jerman mendapatkan informasi yang tepat sehingga tidak salah ketika kamu mengambil keputusan untuk ke Jerman.
  3. Selain itu, informasi yang kami berikan dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftar sehingga dapat meminimalisir kegagalan.

Kamu mau Mendaftar FSJ?

Syarat utama kamu dapat mendaftar adalah kamu memiliki kemampuan bahasa Jerman dengan baik.

Yuk mulai belajar bahasa Jerman bersama kami melalui program Kursus Bahasa Jerman Camp.

Kamu membutuhkan bantuan kami?

Segera hubungi kami dan tinggalkan pesan kamu melalui Chat WhatsApp.

error: