Ausbildung Jerman: Peluang Pendidikan & Bekerja di Jerman

Saat ini, mendaftar Ausbildung adalah Solusi Terbaik dan Paling Tepat untuk kamu yang tidak ingin melanjutkan kuliah di Indonesia karena tidak ada jaminan kepastian bekerja setelah lulus. Mendaftar program Ausbildung juga menjadi Solusi Terbaik dan Pilihan Tepat untuk kamu yang sulit mendapatkan pekerjaan atau sudah bekerja tetapi gaji yang didapatkan tidak memuaskan.

Modal utama untuk mendaftar Ausbildung adalah Bahasa Jerman Level B1 yang bisa kamu kuasai dalam waktu 5 bulan melalui program Kursus Bahasa Jerman dengan Sistem Pembelajaran Camp di Jogja atau melalui Kursus Online bersama kami. Informasi Ausbildung yang kami sajikan sangat lengkap dan tidak akan kamu temukan di website lain. Yuk, baca sampai akhir halaman!

Informasi Biaya Kursus Bahasa Jerman

Langkah awal sebelum mendaftar Ausbildung

Simak Video di bawah ini, mungkin saat ini kamu belum mengerti artinya karena menggunakan bahasa Jerman, tapi setidaknya kamu memiliki gambaran seperti apa Ausbildung itu.

Ausbildung adalah Program Pendidikan dan Pelatihan Profesi selama 3 tahun di Jerman.

Saat ini, Ausbildung adalah salah satu program Jerman yang sangat diminati oleh generasi milennial Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Azubi (sebutan bagi peserta program Ausbildung di Jerman) akan belajar teori di Berufschule (sekolah kejuruan) sebanyak 2 hari dan kerja selama 3 hari. Beberapa perusahaan juga ada yang menggunakan sistem blok, yaitu 1 bulan sekolah dan 1 bulan kerja praktik.

Ada yang ingin ditanyakan sebelum memutuskan mendaftar?

Hubungi kami melalui chat WhatsApp dan ajukan pertanyaan secara detail atau klik Link pendaftaran jika sudah siap mendaftar!

Sebelum membaca lebih detail apa itu Ausbildung, baca dulu dan pahami informasi berikut karena banyak yang salah memahami.

Mendaftar Ausbildung Jerman tidak seperti program ke Jepang, Korea maupun PJTKI lainnya.

  1. Kamu tidak bisa langsung kerja begitu saja di Jerman. Kamu ada kewajiban belajar dan menuntut ilmu karena kamu akan menjalani Ausbildung atau magang yang seseungguhnya terlebih dahulu selama 3 tahun. Yaitu 3 hari kerja magang dan 2 hari sekolah sesuai bidang pekerjaan yang diambil.Di tahun ke 3 Ausbildung, kamu akan ujian sertifikasi profesi yang diselenggarakan Negara. Setelah mendapatkan sertifikasi profesi, baru kamu dapat bekerja full di Jerman tanpa batas waktu, kamu bisa bekerja di Jerman sampai pensiun karena kamu diperlakukan sama seperti warga Jerman.
  2. Kalau magang ke Jepang, Korea, Taiwan kamu bisa langsung bekerja full. Kamu tidak ada kewajiban untuk menuntut ilmu. Istilah yang digunakan magang, tapi kamu akan full bekerja dan tidak mendapatkan sekolah untuk mendapatkan keahlian maupun meningkatkan keahlian. Setelah kontrak berakhir kamu harus pulang ke Indonesia dan sangat sulit untuk bekerja dalam waktu panjang apalagi sampai pensiun.

Perbedaan lebih detail, kamu dapat di artikel berikut Perbedaan Ausbildung dan Magang di Jepang.

Apakah Ausbildung Program Pemerintah Indonesia?

Ausbildung adalah Program dari Pemerintah Negara Jerman yang memberikan kesempatan pemuda/pemudi dari seluruh dunia untuk mengikuti Program Pendidikan dan Pelatihan Profesi selama 3 Tahun di Jerman.

Setelah lulus dari program ini, kamu mendapatkan ilmu, keahlian berkualitas standar Eropa dan sertifikasi keahlian standar Eropa yang diakui di seluruh dunia. Setelah memiliki ilmu, keahlian dan sertifikasi keahlian tersebut, kamu dapat dengan mudah untuk bekerja di Jerman atau bekerja di negara manapun.

Sudah jelas ya, bahwa Ausbildung itu program pemerintah Jerman bukan program pemerintah Indonesia.

Lima tahun yang lalu, Ausbildung menjadi pilihan kedua setelah lulus dari sekolah. Tetapi saat ini, Ausbildung menjadi pilihan Pertama daripada kuliah di Indonesia.

Kamu Masih Bingung Pilih Melanjutkan Kuliah di Indonesia atau Ausbildung setelah lulus dari sekolah?

Bagi kamu yang masih bingung antara melanjutkan kuliah di Indonesia atau mempersiapkan diri untuk mendaftar Ausbildung. Di bawah ini kami sajikan informasi yang dapat dijadikan pertimbangan. Berikut penjelasannya.

Yuk, pikirkan dan renungkan penjelasan berikut ini!

Kamu akan Melanjutkan Kemana Setelah Lulus dari SMA/SMK? Bekerja Kemana setelah lulus dari Kuliah di Indonesia?

Jika kamu lulusan SMK, tentu saja, mau kerja. Tapi lowongan tak cukup tersedia. Jika kamu lulusan SMA, tentu saja, kuliah pilihannya. Maunya masuk PTN, cuma kursi terbatas dan persaingan ketat. Kuliah di universitas swasta, biaya selangit.

Jika kamu sudah lulus kuliah maupun sudah bekerja, tentu saja ingin gaji tinggi dan jenjang karir yang jelas, tapi tidak sesuai harapan. Ditambah lagi dengan situasi Pandemi saat ini, pengangguran meningkat dan lowongan pekerjaan yang sedikit. Ayo Move on dari Zona Nyaman kamu dan Raih Jenjang Karir Internasional kamu.

Kamu tidak mau menjadi “The Next Pengangguran” setelah lulus?

Lantas, gimana dong?

Ikut saja Program Ausbildung! Di Jerman, kamu akan 3 hari bekerja dan 2 hari sekolah sesuai dengan profesi yang kamu pilih. kamu sudah mendapatkan Gaji setiap bulannya. Syarat utama yang harus dipenuhi hanya kemampuan bahasa Jerman dengan baik. Jaminan bekerja setelah lulus. Kamu mendapatkan ilmu, keahlian berkualitas, sertifikasi keahlian Eropa yang diakui di seluruh dunia.

Jika kamu memilih melanjutkan kuliah, kamu tidak akan mendapatkan gaji, dan akan terus mengeluarkan uang sampai kamu lulus kuliah. Setelah lulus pun, jaminan kerja di Indonesia tidak terjamin. Mau kerja di luar negeri pun sulit karena umumnya tidak setara dan tidak sesuai dengan keahlian di luar negeri. Yang lulusan Sarjana saja, saat ini banyak sekali yang sedang dalam proses untuk mendaftar Ausbildung.

Kamu sudah semakin tertarik dengan Ausbildung karena Jaminan Kerja setelah lulus? Yuk, Lanjutkan membaca informasi Ausbildung secara detail di bawah ini sampai selesai!

Apa yang saya lakukan ketika Ausbildung di Jerman?

Tanggung jawab kamu adalah belajar, berlatih dan bekerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilih. Pada saat menjalani Ausbildung di Jerman, 70% sampai dengan 80% waktu pembelajaran akan menekankan pada praktik sekaligus bekerja di perusahaan. Waktu kamu 20-30% akan digunakan untuk menjalani proses pembelajaran teori dan praktikum di Berufsschule atau sekolah kejuruan.

Selama menjalani program di Jerman, kamu akan berpindah-pindah departemen pekerjaan mulai dari pekerjaan yang paling mudah sampai pekerjaan yang tanggung jawabnya besar. Selain itu, kamu akan mendapatkan gaji yang dapat digunakan sebagai biaya hidup selama kamu tinggal di Jerman.

Persyaratan Mendaftar Ausbildung Jerman

  1. Memiliki kemampuan bahasa Jerman Level B1.
  2. Pendidikan terakhir MINIMAL SMA sederajat.
  3. Usia produktif, yaitu mulai dari 18 tahun sd 35 tahun.
  4. Memiliki kemampuan keuangan karena proses mulai dari awal sampai berangkat ke Jerman dibiayai sendiri (tidak ada sistem potong gaji).

Cara dan Tahapan Mendaftar

  1. Belajar bahasa Jerman Deutsch Academia Jogja.
  2. Mempersiapkan dan mengurus dokumen persyaratan mendaftar, kamu akan dibantu oleh Tim Profesional kami.
  3. Mengirimkan aplikasi lamaran yang telah dipersiapkan dengan lengkap, kamu akan dibantu oleh Tim Profesional kami.
  4. Interview/ wawancara dengan pihak perusahaan di Jerman sampai mendapatkan Kontrak, kamu akan dibantu oleh Tim Profesional kami.
  5. Mengurus Visa dan Asuransi, kamu akan dibantu oleh Tim Profesional kami.
  6. Berangkat ke Jerman.

Batasan Usia

Batasan usia berlaku untuk orang Indonesia. Hal ini berkaitan dengan pendidikan dan pengalaman yang dimiliki.

  • Lulusan SMA tanpa pengalaman kerja, tidak memiliki kemampuan yang diunggulkan, disarankan mendaftar Ausbildung sebelum usia 30 tahun.
  • Lulusan SMK Perhotelan, Tata Boga, disarankan mendaftar Ausbildung sebelum usia 35 tahun.
  • Lulusan Diploma, Sarjana dari semua jurusan, disarankan mendaftar Ausbildung sebelum usia 35 tahun.
  • Lulusan Diploma/ Sarjana Perhotelan, Tata Boga, Keperawatan dapat mendaftar Ausbildung meskipun usia lebih 35 tahun.
  • Bagi kamu lulusan SMA, SMK, Diploma, Sarjana dari semua jurusan yang memiliki pengalaman/ kompetensi keahlian di bidang Perhotelan, Tata Boga, Keperawatan dapat mendaftar Ausbildung sampai usia 35 tahun.

Jurusan Ausbildung Untuk Pendaftar dari Indonesia

ausbildung hotel

Ausbildung Perhotelan

Syarat bahasa Jerman level B1, termasuk kategori mudah untuk pendaftar dari Indonesia karena termasuk profesi yang dibutuhkan di Jerman dan tidak diminati oleh orang Jerman maupun orang Eropa.

ausbildung restaurantfachmann

Ausbildung Restoran

Syarat bahasa Jerman level B1, termasuk kategori mudah untuk pendaftar dari Indonesia karena termasuk profesi yang dibutuhkan di Jerman dan tidak diminati oleh orang Jerman maupun orang Eropa.

ausbildung koch

Ausbildung Chef

Syarat bahasa Jerman level B1, termasuk kategori mudah untuk pendaftar dari Indonesia karena termasuk profesi yang dibutuhkan di Jerman dan tidak diminati oleh orang Jerman maupun orang Eropa.

ausbildung keperawatan

Ausbildung Keperawatan

Syarat bahasa Jerman level B2, termasuk kategori mudah untuk pendaftar dari Indonesia karena termasuk profesi yang dibutuhkan di Jerman dan tidak diminati oleh orang Jerman maupun orang Eropa.

ausbildung mekatronika

Ausbildung Teknik

Syarat bahasa Jerman level B2, termasuk kategori sulit untuk pendaftar dari Indonesia karena termasuk profesi yang bersaing di Jerman dan diminati oleh orang Jerman maupun orang Eropa.

Ausbildung IT

Syarat bahasa Jerman level B2, termasuk kategori sulit untuk pendaftar dari Indonesia karena termasuk profesi yang bersaing di Jerman dan diminati oleh orang Jerman maupun orang Eropa.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan apabila saya sudah belajar bahasa Jerman dan akan mendaftar Ausbildung?

Apabila sudah lulus bahasa Jerman, persyaratan berikutnya yang harus dipenuhi adalah dokumen-dokumen yang akan digunakan untuk mendaftar Ausbildung. Dokumen tersebut antara lain:

  1. Sertifikat Lulus Ujian Bahasa Jerman level B1 atau B2 yang dikeluarkan oleh Goethe Institut.
  2. Surat Motivation Letter dalam bahasa Jerman.
  3. Curiculum Vitae dalam bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh Penerjemah Tersumpah.

Pada langkah ini, tujuan utama atau Goal adalah untuk Diterima dan mendapatkan Kontrak. Kontrak Ausbildung sangat penting, karena sebagai syarat dalam proses Visa.

Apa langkah yang dilakukan apabila sudah mendapatkan Kontrak Ausbildung?

Apabila sudah mendapatkan kontrak Ausbildung, tahapan selanjutnya adalah proses permohonan visa kepada Kedutaan Jerman di Jakarta. Setelah visa keluar, selanjutnya adalah mempersiapkan tiket penerbangan ke Jerman.

Dimana saya bisa mendaftar Ausbildung?

Kamu bisa mendaftar Ausbildung bersama Deutsch Academia. Informasi dan konsultasi pendaftaran Ausbildung silakan klik Chat WhatsApp. Bersama Deutsch Academia kamu akan mendapatkan pembiayaan Ausbildung dengan biaya terjangkau.